Friday 1 April 2011

@>; Celak Mata ~


Diriwayatkan oleh Abu Daud dalam Sunan-nya , bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم memerintahkan celak itsmad yang dibubuhi minyak wangi saat menjelang tidur. Namun beliau menambahkan, “Orang yang berpuasa henddaknya menjauhinya” Abu Ubaid meriwayatkan bahwa arti dibubuhi minyak wangi, yakni dibubuhi minyak kesturi.


Sementara dalam sunan ibnu majah dan yang lainnya disebutkan dari Ibnu Abbas bahawa Rasulullah صلى الله عليه وسلم memiliki tempat celak yang beliau gunakan tiga kali di bagian mata. Sementara dalam riwayat At-Tirmidzi dari Ibnu Abbas رضي الله عنه bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bila bercelak, menorehkan celaknya tiga kali di bagian kanan matanya. Dimulai dari kanan dan di akhiri di bagian kanan, sementara di bagian kiri hanya dua kali.

ITSMID adalah sejenis batu hitam bahan dasar celak didatangkan dari Ashfahan (Persia), yakni jenis celak terbaik, didatangkan dair belahan barat, yang terbaik dari jenis celak ini adalah yang paling mudah melekat namun bagian dalamnya halus, tidak mengandung kotoran. 

Maklumat selanjutnya, sila layari blog ini :


Saya percaya, ramai anak gadis sukakannya =) sebab ianya cantik, betul tak? (.. Tak ada gunanya juga andai diguna tetapi tidak diketahui akan maksud penggunaannya kan, lebih2 lagi ianya ada kaitan dengan Sunnah. =) Apa yang penting? kena "jaga niat" (Nasihat untuk diri sendiri, sebab takut lari daripada niat). 

Kalau kalian semua nak tahu, saya start pakai celak ni waktu umur 16 tahun (Tingkatan 4). Ke sekolah pun pakai jugak, walaupun pengawas tak kasi pakai, saya still pakai jugak (Degil). Yang penting, cikgu dan pengetua tak marah =D...Sebab saya sangat sukakannya. Dulu saya pakai sebab saya suka, suka benda yang boleh nampak cantik (Itu yang takut tue, takut lari niat). Sampailah ke umur saya yang sekarang ni pun, saya masih pakai lagi =). 

Wallahu'alam.



~Wassalam~



Me also confuse =)..



  





No comments:

Post a Comment